Universitas Andalas

Deksripsi Program Studi yang ada di Universitas Andalas adalah sebagai berikut :

1.     S1 Agribisnis

 

Deskripsi

:

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian yang ada saat ini merupakan hasil konversi Prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian dan Sosial Ekonomi Pertanian berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 163/Dikti/Kep/2007. Prodi Agribisnis versi SK 163 mulai menerima mahasiswa baru sejak tahun akademik 2008/2009. Prodi Agribisnis bukanlah replikasi dari yang lama, karena sudah menggunakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran berpusat kepada mahasiswa (student centered learning/SCL).

Visi

:

Menjadi program stud terkemuka di bidang agribisnis untuk memenuhi tantangan pembangunan agribisnis yang berorientasi kerakyatan di Indonesia.

Misi

:

1. Menyelenggarakan pendidikan yang profesional untuk menghasilkan sarjana yang bermartabat berjiwa wirausaha dan profesional guna membangun agribisnis kerakyatan\0122. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi pembangunan agribisnis kerakyatan\0123. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membantu pemberdayaan masyarakat dan pengembangan agribisnis kerakyatan.

Kompetensi Program Studi

:

Menciptakan mahasiswa yang memilki enam profil:\0121. Manajer Agribisnis\0122. Pengusaha Agribisnis\0123. Pengkaji Agribisnis (konsultan)\0124. Fasilitator pengembangan masyarakat agribisnis\0125. Penyuluh Pembangunan Agribisnis\0126. Perencana dan Pelaksana Program Pembangunan Agribisnis.

 

2.     S1 Agroekoteknologi, Kampus Dharmasraya

3.     S1 Agroteknologi

4.     S1 Akuntansi

 

Deskripsi

:

Pencetus pendirian Jurusan Akuntansi berasal dari Bapak Drs. Joni Marsmih, Ak. dan Drs. Gafar Salim, Ak. Jurusan Akuntansi mulai terkemuka tahun 1978 dengan jumlah mahasiswa 36 orang, staf pengajar 2 orang. Sampai sekarang jumlah staf pengajar sekitar 50 orang dan ditambah dengan dosen tamu.

Visi

:

Menjadi institusi pendidikan tinggi akuntansi yang unggul dan terkemuka dengan lulusan yang kompeten, kapabel dan beretika, serta mampu bersaing secara global.

Misi

:

1. Melaksanakan pendidikan tinggi akuntansi yang berkualitas\0122. Mendorong perkembangan dan penerapan yang lebih utuh dan beretika profesi akuntansi yang mengutamakan integritas dan independen.\0123. Melakukan riset akuntansi dalam rangka pengembangan ilmu dan praktik akuntasi.\0124. Melakukan kegiatan pengembangan praktik akuntansi termasuk mendorong terciptanya good governance pada sektor swasta dan publik.\0125. Meningkatkan kerjasama akademik dengan berbagai lembaga terkait dalam rangka menghadapi globalisasi pendidikan akuntansi.

Kompetensi Program Studi

:

1. Mampu menyusun laporan keuangan bisnis sesuai dengan standar yang berlaku umum.\0122. Mampu menghitung biaya semua obyek biaya secara akurat untuk tujuan pengambilan keputusan.\0123. Mampu menghitung dan melaporkan kewajiban pajak perorangan dan badan.\0124. Mampu menganalisis informasi keuangan dan pengambilan keputusan bisnis.\0125. Mampu menyerap dan mengoperasikan perkembangan di bidang teknologi informasi akuntansi.

 

5.     Antropologi Sosial

 

Deskripsi

:

Jurusan Antropologi saat ini hanya ada di FISIP Unand, keberadaannya merupakan satu-satunya yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Jurusan Antropologi mempunyai kedudukan yang sangat strategis untuk menghasilkan sarjana ilmu sosial yang mampu menganalisis dan menjelaskan masalah sosial budaya dalam membangun dan dapat memberikan opsi-opsi terhadap dampak perubahan sosial budaya yang ditimbulkannya.

Visi

:

Mewujudkan Jurusan Antropologi yang terkemuka dalam pendidikan kajian sosial budaya dan pembangunan di Indonesia bagian barat.

Misi

:

1. Memberdayakan SDM, dosen Jurusan Antroplogi FISIP Unand menjadi akademisi yang profesional, handal dan bermartabat\0122. Melaksanakan pembelajaran kepada mahasiswa agar memiliki pengetahuan kritis secara teoritis dan metodologi serta mampu mengurai dan menata realitas sosial budaya\0123. Melaksanakan pembelajaran kepada mahasiswa agar memiliki inisiatif dan kreatifitas dalam memberikan solusi terhadap persoalan yang muncul dalam dinamika masyarakat dan pembangunan\0124. Mengembangkan, meningkatkan kuantitas dan kualitas, mengkaji sosial budaya dan aplikasinya dalam pembangunan daerah dan nasional khususnya di kawasan wilayah barat Indonesia.

Kompetensi Program Studi

:

1. Memiliki kepribadian wawasan dan integritas yang tinggi tentang kebangsaan\0122. Memahami dan menguasai konsep kebudayaan dan karakteristiknya, struktur sosial, serta penerapannya dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

 

 

6.     S1 Biologi

 

Deskripsi

:

Program Studi Biologi didirikan pada tahun 1962 di Kota Padang Sumatera Barat. Fasilitas yang dimiliki adalah 12 laoratorium riset, 4 laboratorium pendidikan, 1 herbarium dan 1 rumah kaca, 1 kandang hewan serta Hutan Pendidikan Penelitian Biologi (HPPB), Arboretum dan Taman Kehati. Staf dosen sebanyak 43 orang terdiri dari 3 orang bergelar guru besar dan lebih dari 50% bergelar Doktor. Persyaratan lulus pada program studi bila mahahasiswa telah menyelesaikan mata kuliah minimal 144 SKS dengan IPK minimal 2.00 dengan tidak memiliki nilai D lebih dari 2 mata kuliah.

Visi

:

Menghasilkan lulusan berkompetensi dalam mengkaji, mengembangkan dan menyelamatkan sumber hayati tropika.

Misi

:

1. Melaksanakan pembelajaran berpusat pada mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi dalam penguasaan konsep biodiversitas, bioproses dan ekologi sumberdaya hayati tropika\0122. Melaksanakan penelitian untuk pengembangan dan penyelematan sumber hayati tropika\0123. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang mengintegrasikan ilmu biologi dalam pengembangan potensi sumberdaya hayati tropika dalam upaya meningkatkan kesejahteraaan masyarakat.

Kompetensi Program Studi

:

Program Studi Biologi memiliki sumber daya manusia dan fasilitas yang sangat baik, sehingga dapat menghasilkan Sarjana S1 dalam mengkaji, mengembangkan dan menyelamatkan sumber hayati tropika.

 

7.     S1 Ekonomi Pembangunan

 

Deskripsi

:

Program Studi Ekonomi Pembangunan merupakan satu-satunya prodi di bawah jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Jurusan ini berdiri tanggal 7 September 1957 dengan nama Jurusan Ekonomi Umum. Tahun ajaran 1980/1981 melakukan perubahan nama menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Tahun ajaran 1994/1995 nama jurusan menjadi Jurusan Ekonomi Pembangunan. Tahun ajaran 2003/2004 sesuai dengan hasil konsorsium Ilmu Ekonomi se-Indonesia nama jurusan dirubah menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi yang di dalamnya terdapat Program Studi Ekonomi Pembangunan yang ditetapkan melalui SK Rektor No. 555/XIV/F/Unand/2003.

Visi

:

Terwujudnya Jurusan Ilmu Ekonomi yang menghasilkan Ekonom berkarakter mandiri dan berdayMama saing global.

Misi

:

1. Menghasilkan ekonom yang memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu bersaing di Asia Tenggara.\0122. Menciptakan budaya akademis yang kuat dan berkarakter untuk menunjang pengembangan ilmu dan institusi.\0123. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bidang Ilmu Ekonomi yang berkualitas dan unggul di Asia Tenggara.\0124. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi pembangunan ekonomi dan kejayaan bangsa.

Kompetensi Program Studi

:

1. Kompetensi Utama\012a. Memahami dan menguasai konsep-konsep keilmuan ilmu ekonomi (KU1)\012b. Memahami dan menguasai konsep dasar keilmuan perencanaan bidang ekonomi dan pembangunan (KU2)\012c. Memiliki sifat profesional, bermoral dan peduli terhadap persoalan ekonomi dan pembangunan masyarakat (KU3)\012d. Mampu memecahkan permasalahan ekonomi dan pembangunan serta mensolusikannya secara kreatif (KU4)\012e. Mampu membaca situasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan (KU5)\012f. Mampu dan terampil mengkomunikasikan keilmuan ekonomi dan pembangunan masyarakat (KU6)\0122. Kompetensi Pendukung\012a. Terampil menggunakan IT untuk kebutuhan analisis dan komunikasi (KP1)\012b. Menguasai dan mampu menggunakan analisis kuantitatif dalam bidang Ilmu Ekonomi (KP2)\012c. Memahami permasalahan ekonomi yang berwawasan lokal, nasional maupun internasional (KP3)\0123. Kompetensi lainnya\012a. Memiliki sensitifitas terhadap isu-isu terkini dalam ilmu ekonomi dan pembangunan masyarakat (KL1)\012b. Memiliki sikap inovatif dan jiwa kewirausahaan (KL2)\012c. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan (KL3)

 

8.     S1 Ekonomi Pembangunan (Kampus II Payakumbuh)

 

 

9.     S1 Farmasi

 

Deskripsi

:

-

Visi

:

Menjadi Program Studi Farmasi terkemuka secara nasional dan regional (ASEAN) yang menghasilkan alumni dengan daya saing tangguh di bidang farmasi pada tahun 2020.

Misi

:

1. Menyelenggarakan pendidikan kefarmasian yang bermutu dan berkompeten di bidang sains, teknologi, farmasi klinis dan komunitas\0122. Menyelenggarakan penelitian kefarmasian yang bermutu terutama dalam bidang pengembangan bahan alam\0123. Menerapkan hasil-hasil penelitian ke masyarakat, industri farmasi dan instansi terkait seperti Badan POM.\0124. Menjalin jaringan kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan lembaga penelitian dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional dan internasional.

Kompetensi Program Studi

:

KOMPETENSI UTAMA LULUSAN PROGRAM STUDI FARMASI Knowladge, Understanding, & Intelectual Skill:\0121. Mengerti dan memahami ilmu-ilmu dasar obat dan pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan berupa peraturan perundang-undangan, stabilitas dan manajemen produkk\0122. Mengerti dan memahami ilmu dasar untuk melaksanakan pelayanan obat dan perbekalan kesehatan berupa ilmu pelayanan obat dan perbekalan kesehatan berupa ilmu penyakit, ilmu tentang khasiat obat, interaksi obat, farmakokinetik obat, formulasi dan teknik pencampuran obat, biofarmasetika, farmakokinetika, serta teknik pembuatan sediaan obat\0123. Mengerti dan memahami etiologi dan perkembangan penyakit dan dapat menginterpretasikan data klinik penyakit untuk keperluan pemilihan obat yang rasional dan monitoring terapi penyakit\0124. Mengerti dan memahami ilmu dasar untuk pelaksanaan fungsi pelayanan konsultasi, informasi dan edukasi terkait obat dan alat-alat kesehatan berupa ilmu khasiat, mekanisme kerja, efek farmakologi dan efek samping serta kegunaan berbagai golongan obat untuk pengobatan dan pencegahan penyakit, baik obat sintesis maupun yang berasal dari alam untuk pencegahan, penyembuhan dan diagnosa berbagai penyakit secara rasional dan optimal\0125. Mengerti dan memahami cara melakukan monitoring obat, promosi kesehatan dan manajemennya\0126. Mengerti dan memahami sains dan teknologi pembuatan (zat aktif dan bahan pembantu) dan pengembangan berbagai bentuk sediaan obat, baik padat, setengah padat maupun sediaan cair, baik sediaan steril maupun non steril, termasuk obat yang berasal dari bahan alam\0127. Mengerti dan memahami metoda analisa senyawa obat, bahan obat, kosmetik dan bahan tambahan secara kualitatif dan kuantitatif\0128. Menguasai sains dan teknologi analisis berbagai senyawa obat, baik secara kualitatif maupun kuantitatif serta mengendalikan mutu bahan baku sediaan farmasi\0129. Menguasai perancangan dan pelaksanaan eksperimen serta analisis dan interpretasi data guna pengembangan dan pengujian mutu obat\01210. Menguasai sains dan teknologi dalam pengembangan senyawa aktif dan bahan pembantu untuk berbagai bentuk sediaan dan mampu meramalkan efektifitas obat dalam berbagai bentuk sediaan\01211. Menguasai pengetahuan tentang diet, nutrisi dan terapi non obat yang relevan dengan perawatan kesehatan\01212. Menguasai sains dan teknologi serta ilmu komunikasi utuk keperluan praktek farmasi komunitas dan kerjasama dengan profesi kesehatan lain berkaitan dengan terapi obat, kesehatan dan promosi kesehatan.\012KOMPETENSI PENDUKUNG (practical skill) lulusan program studi farmasi:\0121. Terampil menggunakan sains dasar dan teknologi dalam bidang farmasi\0122. Mampu menemukan senyawa/bahan aktif obat maupun eksipien yang lebih baik, baik sinteisis maupun dari bahan alam\0123. Mampu mendisain formula obat, memformulasi, mengembangkan bentuk dan mengendalikan mutu sediaan farmasi yang berkualitas\0124. Mampu melakukan analisis obat dan bahan farmasi lainnya, baik secara kualitatif maupun kuantitatif\0125. Dapat membaca dan menganalisis resep dokter dan melaksanakan pelayanan kesehatan berkenaan dengan rekomendasi atau modifikasi terapi obat untuk mencapai pengobatan yang rasional, efektif, aman dan ekonomis dalam bentuk sediaan dan regimen yang sesuai\0126. Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan obat secara profesional\0127. Mampu melaksanakan praktek kefarmasian berkaitan dengan pengelolaan, pengadaan, pembuatan, penyediaan, pelapoan, distribusi, penggunaa, monitoring khasiat dan keamanan serta memberikan informasi dan konsultasi tentang obat serta makanan, kosmetika dan perbekalan kesehatan lainnya\0128. Dapat mengaplikasikan keterampilan dan teknologi komputer untuk praktek kefarmasian dan mampu melakukan komunikasi dengan profesi pelayanan kesehatan lainnya dan pasien berkaitan dengan terapi, kesehatan dan promosi kesehatan\0129. Mampu merekomendasikan, konseling dan memonitor penggunaan obat tanpa resep dokter pada pasien dan melakukan pelayanan pertama dalam keadaan darurat\01210. Mampu mengevaluasi dan mendokumentasikan dampak intervensi dan pelayanan kefarmasian.\012KOMPETENSI LAINNYA (Transferable skill) lulusan Program Studi Farmasi:\0121. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab profesi serta memahami dan melaksanakan peraturan yang terkait dengan sediaan dan perbekalan farmasi, serta mengamalkan kode etik apoteker\0122. Mampu berpikir praktis, logis, kritis, dan analisis untuk menyelesaikan masalah di bidang farmasi secara profesional\0123. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan tenaga kesehatan lain tentang pengobatan pasien agar diperoleh pelayanan kesehatan yang optimal, serta mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja.

 

10.   S1 Fisika

 

Deskripsi

:

Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas berdiri berdasarkan SK Mendikbud No. 59/Dikti/Kep/1996 yang terdiri dari satu program studi yaitu Fisika. Saat ini Program studi Fisika memiliki akreditasi B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 035/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XI/2011. Program Studi Fisika ini memiliki 5 (lima) kelompok bidang keahlian, yaitu: Fisika Teoritis dan Komputasi, Fisika Material, Fisika Bumi, Fisika Inti dan Radiasi dan Fisika Instrumentasi dan Elektronika.

Visi

:

Menjadi institusi pendidikan tinggi bidang fisika yang terbaik di Sumatera pada tahun 2014 dalam mengkaji dan mengembangkan sumber daya alam.

Misi

:

1. Mengembangkan dan melengkapi fasilitas pendidikan dan penelitian yang mendukung proses pembelajaran mandiri.\0122. Menerapkan sistem pembelajaran berbasis Student Centered Learning untuk semua matakuliah.\0123. Menerapkan sistem pelayanan administrasi yang berstandar mutu.\0124. Membangun pusat kajian bidang ilmu bumi dan atmosfir berbasis potensi wilayah dan kondisi geografis Sumatera Barat.\0125. Membangun pusat kajian bidang material untuk energi alternatif sesuai dengan potensi alam tropis Indonesia.

Kompetensi Program Studi

:

Lulusan program studi Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Andalas diharapkan memiliki kompetensi:\012A. Kompetensi Utama\0121. Mampu mengidentifikasikan, memformulasikan, dan memecahkan masalah-masalah perancangan maupun perbaikan sistem integral yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan dan energi secara kreatif dengan menggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional dan/atau eksperimental (KU1)\0122. Mampu mengimplementasikan hasil-hasil pemecahan masalah dan mempunyai wawasan luas sehingga dapat memahami dampaknya terhadap konteks sosial, lingkungan dan konteks lokal maupun global (KU2)\0123. Mampu beradaptasi terhadap teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi dalam ilmu fisika (KU3)\0124. Mampu berkomunikasi dan bekerja-sama secara efektif (KU4)\0125. Memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika (KU5)\012\012B. Komptensi Pendukung\0121. Mampu secara aktif menggunakan teknologi dalam melaksanakan, mengidentifikasi, memformulasikan, dan memecahkan masalah-masalah perancangan maupun perbaikan sistem integral yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan dan energi secara kreatif dengan menggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional dan/atau eksperimental (KP1)\0122. Mampu menerapkan sikap wirausaha (enterpreneurship dan intrapreneurship) dalam membangun dan mengembangkan industri (KP2)\0123. Mampu secara aktif menggunakan alat berbasis teknologi untuk penemukan solusi permasalahan yang dihadapi (KP3)\0124. Mampu mengembangkan alat untuk pemecahan masalah yang berbasiskan teknologi (KP4)\012\012C. Kompetensi Lainnya\0121. Mampu mengembangkan metodologi, teknik, alat untuk solusi masalah berkaitan dengan Fisika kesehatan (KL1)\0122. Mampu mengembangkan keilmuan metodologi, teknik, alat untuk solusi masalah berkaitan dengan Fisika Material (KL2)\0123. Mampu mengembangkan teknik dan alat untuk solusi masalah berkaitan dengan Fisika Bumi (KL3).

 

11.   S1 Ilmu Administrasi Negara

 

Deskripsi

:

Program studi Ilmu Administrasi Negara memiliki tujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis, menciptakan, menerapkan, mengembangkan IPTEK dan kesenian serta mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Visi

:

Menjadi program studi yang berkualitas dan bermartabat dengan spesifikasi good local governance tahun 2015.

Misi

:

1. Melaksanakan pendidikan sarjana dengan spesifikasi pengembangan good local governance dalam disiplin Ilmu Administrasi Negara\0122. Melaksanakan penelitian tentang perubahan sosila dan politik dalam rangka menumbuhkan good local governance melalui pengembangan Ilmu Administrasi Negara\0123. Mengembangkan secara berkelanjutan institusi lokal dan kearifan lokal yang terkait dengan masalah sosial dan politik\0124. Menciptakan pengelolaan program studi yang adaptif dengan perubahan sosial dan memiliki kompetensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan\0125. Membangun jaringan kerjasama dengan pemerintah, komunitas politik, swasta, masyarakat sipil di tingkat lokal dan nasional.

Kompetensi Program Studi

:

1. Menghayati dan mengamalkan nilai yang terkandung dalam Pancasila dan agama, memiliki integritas kepribadian yang tinggi\0122. Mampu dan menguasai dalam pengambilan keputusan, teknik manajemen dan konsep dalam proses kebijakan publik\0123. Mampu dan terampil dalam membuat suatu kebijakan publik\0124. Mampu mengikuti perkembangan pengetahuan\0125. Mampu berpikir dan bertindak ilmiah dalam menganalisis masalah-masalah yang timbul dalam organisasi publik atau pemerintah/swasta\0126. Mampu mencari peluang yang baik dalam mengaplikasikan ilmu.

 

 

12.   S1 Ilmu Hubungan Internasional

 

Deskripsi

:

Program studi Ilmu Hubungan Internasional bukan semata-mata mengenai bagaimana mengantisipasi penetrasi ekonomi dan budaya asing, tetapi justru bagaimana membuat Indonesia bisa berpengaruh di tingkat supra nasional. Memberikan analisa antisipasi dan mampu menyuguhkan penalaran dan teori alternatif untuk menjawab isu konflik dan krisis global.

Visi

:

Menjadi lembaga yang mempunyai komitmen terhadap moral, etika dan dimensi spiritual yang mendorong kemajuan dan perdamaian dunia, dan keunggulan yang diakui secara lokal, nasional, regional, dan global dalam penguasaan, pengembangan dan penerapan hubungan internasional.

Misi

:

Melaksanakan manajemen di bidang pendidikan dan penelitian hubungan internasional, mengabi kepada masryarakat dan bertakwa kepada Tuhan YME, cerdas, mandiri, memiliki integritas serta berwawasan global.

Kompetensi Program Studi

:

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional harus menjadi lembaga yang menjanjikan secara akademik, memakai nilai moral dan agama. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional memiliki pandangan yang jauh ke depan, disamping mengembangkan kurikulum untuk menyebarkan dan mencerdaskan pengetahuan di hubungan internasional. Lembaga pendidikan juga menyediakan serangkaian kurikulum muatan lokal dan kemampuan bahasa yang ditetapkan berdasarkan peluang pencapaian yang komprehensif pada mahasiswa dan lulusan.

 

13.   S1 Ilmu Hukum

14.   S1 Ilmu Keperawatan

15.   S1 Ilmu Komunikasi

 

Deskripsi

:

Program studi ini diharapkan menjadi salah satu ilmu terapan dari sub disiplin ilmu sosial pada FISIP Unand, dapat mempersiapkan SDM yang mempunyai keahlian akademik serta kemampuan pengelolaan komunikasi dan industri media massa di tingkat lokal, nasional dan internasional dan mampu menampung aspirasi dan kebutuhan masyarakat yang ingin memperoleh pendidikan tinggi di bidang ilmu komunikasi dan media.

Visi

:

Menjadikan Program Studi Ilmu Komunikasi sebagai basis pengembangan ilmu komunikasi dan pusat kajian media dalam konteks budaya sehingga mampu mencetak SDM komunikasi dan informasi yang handal, berkualitas dan profesional.

Misi

:

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu komunikasi dan media untuk menciptakan SDM yang memahami asas-asas pengelolaan komunikasi dan media dalam konteks budaya.

Kompetensi Program Studi

:

1. Menghayati dan mengamalkan nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Agama\0122. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi\0123. Menguasai ruang lingkup dan konsep dasar komunikasi.

 

16.   Ilmu Politik

 

Deskripsi

:

Jurusan Ilmu Politik memiliki tujuan membangun SDM yang bermartabat dan berkualitas baik dalam kompetensi keilmuan maupun kompetensi aplikatif/inovatif, menjadi basis dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dalam ilmu politik dengan menekankan kajian pada politik Islam dan politik Islam yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Visi

:

Menjadi Jurusan yang bermartabat dan unggul di bidang politik lokal dan politik Islam

Misi

:

Menyelenggarakan pendidikan akademis, penelitian dasar dan terapan yang inovatif, mendharmabaktikan ilmu politik lokal dan politik Islam kepada masyarakat, menjalin kerjasama dan mengembangkan kelembagaan jurusan.

Kompetensi Program Studi

:

1. Menghayati dan mengamalkan nilai yang terkandung dalam pancasila, agama dan memiliki integrasi kepribadian yang tinggi\0122. Mampu dan menguasai dalam hal pengetahuan di bidang politik pemerintahan di tingkat lokal, nasional dan regional.

 

17.   Ilmu Sejarah

18.   Ilmu Tanah

19.   Kebidanan

20.   Kedokteran

21.   Kesehatan Masyarakat

 

Visi

:

Menjadi institusi pendidikan ilmu kesehatan masyarakat yang terkemuka dan bermanfaat terutama dalam bidang manajemen bencana di wilayah regional Sumatera tahun 2015

Misi

:

1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang berkualitas di bidang ilmu kesehatan masyarakat dengan menekankan kekhususan pada penanggulangan masalah kesehatan di wilayah beriklim tropis dan rawan bencana\0122. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu kesehatan masyarakat guna menghasilkan temuan dan karya ilmiah yang bermanfaat bagi dunia ilmu pengetahuan dan dunia praktis\0123. Mengaplikasikan hasil studi dan penelitian dalam bidang kesehatan masyarakat kepada masyarakat luas sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat

Kompetensi Program Studi

:

-

 

22.   Kimia

23.   Manajemen

24.   Manajemen (Kampus II Payakumbuh)

25.   Matematika

 

Deskripsi

:

Program Studi Matematika adalah salah satu program studi yang berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas yang berdiri sejak tahun 1995 dan mahasiswa pertama diterima pada Tahun Akademik 1996/1997. Sebelumnya Program Studi Matematika memiliki sertifikat Akreditasi B yang masa berlakunya sampai 28 Januari 2010 dengan SK BAN PT No. 07136/Ak-VIII-S1-001/UADQMT/I/2005. Sejak tanggal 9 September 2011 Program Studi Matematika memperoleh Akreditasi dengan SK BAN PT. No. 023/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011.

Visi

:

Mewujudkan Program Studi Matematika menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi yang unggul dalam mengkaji dan mengembangkan Matematika pada tingkat nasional.

Misi

:

a. Menghasilkan sarjana yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME serta berbudi pekerti luhur, berdisiplin dan bertanggung jawab.\012b. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, efektif dan efisien.\012c. Menyelenggarakan penelitian matematika untuk menunjang pembangunan nasional berkelanjutan.\012d. Mempromosikan kegunaan dan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari.\012e. Meningkatkan kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan kelembagaan pendidikan, pemerintahan, dan dunia usaha di tingkat daerah, nasional dan internasional.\012f. Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola yang baik (good governance), sehingga mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan lingkungan strategis.

Kompetensi Program Studi

:

Lulusan Program Studi Matematika FMIPA Universitas Andalas diharapkan mampu:\012a. Berpikir deduktif, logis, analitis dan terstruktur dalam memecahkan masalah.\012b. Melakukan dan mengembangkan penelitian matematika \012c. Mengkaji dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta mengkomunikasikannya dengan teman sejawat.\012d. Berprilaku dan beretos kerja yang profesional.\012e. Beradaptasi di lingkungan kerja.

 

26.   Pendidikan Dokter Gigi

 

Deskripsi

:

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) berdiri sejak tahun 2008, tepatnya tanggal 23 Agustus 2008 sesuai dengan surat keputusan Dirjen Dikti No. 2851/D/T/2008 tanggal 27 Agustus 2008. Berdirinya PSPDG merupakan kerjasama inisitif dari PDGI Sumbar, FK-Unand, Dinkes dan PB PDGI Pusat

Visi

:

Sebagai pusat pendidikan kedokteran gigi di Unand yang berkualitas dan diakui secara nasional dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan dokter gigi yang profesional dan berdaya saing tinggi serta memiliki kemampuan bekerjasama dalam mengidentifikasi korban bencana

Misi

:

1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan dokter gigi yang profesional dan bermoral tinggi serta mampu menghadapi persaingan global\0122. Melaksanakan penelitian dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi yang sesuai dengan IPTEKDOGI\0123. Melaksananakan pengabdian masyarakat yang berkualitas dan mampu melakukan penerapan ilmu sesuai dengan IPTEKDOGi\0124. Mempunyai kemampuan dalam penanganan korban bencana terutama dalam pengidentifikasian secara odontologi forensi.

Kompetensi Program Studi

:

-

 

 

27.   S1 Peternakan

 

Deskripsi

:

Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 163/Dikti/Kep/2007, maka Fakultas Peternakan hanya ada satu program studi yaitu Program Studi Peternakan yang merupakan integrasi dari Program Studi Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, Sosek Peternakan dan Teknologi Hasil Ternak.

Visi

:

Menjadi Program Studi Peternakan yang unggul melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mendukung daya saing peternakan rakyat untuk menghadapi kompetisi global.

Misi

:

1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang peternakan yang unggul dalam rangka menghasilkan lulusan yang bermoral, berorientasi sumberdaya lokal dengan kompetensi global.\0122. Menyelenggarakan riset di bidang peternakan berorientasi sumberdaya lokal dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi peternakan\0123. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan ilmu dan teknologi dalam rangka peningkatan daya saing peternakan rakyat.

Kompetensi Program Studi

:

Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:\0121. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang dimiliki sesuai dengan bidang keahliannya.\0122. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi di bidangnya sehingga mampu menekankan, memahami, menyelesaikan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di bidang keahliannya.\0123. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan.\0124. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidangnya.

 

28.   S1 Peternakan (Kampus II Payakumbuh)

29.   S1 Psikologi

 

Deskripsi

:

-

Visi

:

Menjadi lembaga penyelenggara pendidikan psikologi yang terkemuka di tingkat nasional maupun regional menghasilkan lulusan lulusan sarjana psikologi yang berkualitas, memiliki kompetensi dalam mengembangkan dan memajukan ilmu psikologi yang menjunjung tinggi martabat manusia serta berkomitmen terhadap moral, etika, budaya dan dimensi spiritual.

Misi

:

1. Menghasilkan lulusan sarjana beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berbudi luhur, disiplin dan tanggung jawab.\0122. Menyelenggarakan pendidikan psikologi yang berkulitas\0123. Menyelenggarakan penelitian di bidang psikologi yang inovatif dan berkualitas dengan menginternalisasikan nilai kearsipan budaya lokal\0124. Menyumbangkan hasil-hasil penelitian ke lembaga terkait\0125. Mengaplikasikan keilmuan yang dimiliki untuk mengidentifikasi dan melakukan intervensi psikososial.

Kompetensi Program Studi

:

A. Kompetensi Umum:\0121. Menguasai konsep umum psikologi\0122. Menguasai dasar-dasar penelitian bidang psikologi\0123. Menguasai prinsip dasar psikodiagnostik\0124. Memahami dan mengamalkan kode etik psikologi\012B. Kompetensi Khusus:\0121. Mampu merancang dan melakukan penelitian\0122. Mampu melakukan observasi dan wawancara\0123. Mampu melakukan administrasi dan skoring tes psikologi\0124. Mampu membuat naskah publikasi\0125. Mampu menyumbang ilmu psikologi melalui seminar dan konseling.

 

30.   S1 Sastra Indonesia

31.   S1 Sastra Inggris

32.   S1 Sastra Jepang

33.   S1 Sastra Minangkabau

34.   S1 Sistem Informasi

35.   S1 Sistem Komputer

 

Deskripsi

:

-

Visi

:

Menjadi Program Studi Sistem Komputer S1 yang terkemuka di wilayah Indonesia Bagian Barat pada tahun 2020 dengan keahlian menganalisis sistem komputer secara sistematis, merekayasa rancang bangun sistem komputer dan sistem terdistribusi serta mengaplikasikannya untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam pasar global.

Misi

:

1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi untuk mengasilkan lulusan yang profesional dan memiliki keahlian dalam menganalisis sistem komputerse secara sistematis, merekayasa rancang bangun sistem komputer dan sistem terdistribusi, serta mampu berkiprah dalam dunia industri\0122. Melaksanakan penelitian melalui riset unggulan untuk pengembangan konsep dan ilmu yang berkelanjutan di bidang komputer\0123. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam penerapan sistem komputer.

Kompetensi Program Studi

:

1. Mampu mengalisis sistem komputer secara sistematis dengan substansi kajian dasar-dasar logika dan pemrograman\0122. Mampu merekayasa rancang bangun sistem komputer dan sistem terdistribusi dengan substansi kajian: pemrograman interfacing, jaringan komputer, dasar logika dan rekayasa sistem komputer.\0123. Mampu mengaplikasikan sistem komputer & sistem terdistribusi dengan substansi kajian: rekayasa sistem komputer interfacing dan pemrograman\0124. Mempunyai sikap dan etika yang tinggi berdasarkan ketakwaan terhadap Tuhan YME dan kecintaan terhadap tanah air, dengan substansi: Pengembangan kepribadian, etika profesi, dan kecakapan antar personal.

 

36.   S1 Sosiologi

 

Deskripsi

:

Jurusan Sosiologi dengan program studi sosiologi menjadi salah satu jurusan yang berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Andalas diperkuat berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 20/Dikti/Kep/1994

Visi

:

Menjadi jurusan yang bermartabat dan terkemuka di bidang kajian perubahan sosial dan pembangunan di pulau Sumatera.

Misi

:

1. Memfasilitasi mahasiswa agar mempunyai kemampuan teoritis dan teknik sesuai dengan kompetensi program studi sosiologi\0122. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di bidang perubahan sosial dan pembangunan, terutama menyangkut kelompok-kelompok yang tertinggal dan termarginal.

Kompetensi Program Studi

:

Menguasai dan mampu secara profesional menganalisis masalah-masalah sosial dan pembangunan yang berkembang di masyarakat dengan menggunakan kajian sosiologis.

 

37.   S1 Teknik Elektro

 

Deskripsi

:

Kebutuhan tenaga profesional bidang Teknik Elektro dan Informatika tingkat magister semakin meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan dengan adanya Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Program Studi S2 Teknik Elektro di Universitas Andalas telah ber-aliansi dengan ITB mendirikan Program Studi Magister Teknik Elektro dengan izin penyelenggaraan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 248/E/O/2011. Penerimaan Mahasiswa angkatan I dimulai pada tahun ajaran 2011/2012 untuk dua konsentrasi yaitu Teknik Tenaga Elektrik (TTE) dan Teknik Telekomunikasi dan Multimedia (TTM). Mahasiswa Angkatan I dengan jumlah 35 Orang. Pada tahun ajaran 2012/2013 telah bertambah satu konsentrasi baru Sistem Informasi (SI).

Visi

:

Menjadi Salah Satu Unit Pendidikan Penghasil Magister Teknik Elektro terbaik di tingkat nasional dan regional dan memiliki peran besar dalam jaringan kerjasama akademis secara nasional dan internasional.

Misi

:

a. Mengembangkan pendidikan Teknik Elektro sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan penerapan teknologi di masa mendatang yang penuh tantangan.\012b. Memfokuskan penelitian tentang pengembangan teknologi yang berhubungan dengan bidang sistem energi listrik, telekomunikasi dan multimedia dengan publikasi dan aplikasi pada skala nasional dan internasional.\012c. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang sistem energi listrik, telekomunikasi dan multimedia yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kompetensi Program Studi

:

Bidang Teknik Tenaga Elektrik (TTE) :\012Mampu mengindentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah-masalah dalam bidang pembangkitan, penyaluran, pendistribusian dan pemakaian energi elektrik.\012Bidang Teknik Telekomunikasi dan Multimedia (TTM) :\012Mampu memahami dan memecahkan persoalanpersoalan teknik telekomunikasi dan multimedia secara teknis dan mengimplementasikannya.\012Bidang Sistem Informasi (SI) :\012Mampu melakukan rekayasa untuk membangun Sistem Informasi berbasis komputer pada manajemen bisnis dan kelistrikan serta mengimplementasikannya dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu dan dokumentasinya.

 

 

38.   S1 Teknik Industri

 

Deskripsi

:

Sejarah awal Jurusan Teknik Industri dimulai dengan dibukanya Program Studi Teknik Industri pada tahun 1994 dibawah Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas. Pada awal berdirinya, dosen yang ada hanya 3 orang dengan satu orang yang bergelar magister (S2). Mahasiswa Teknik Industri pada saat itu merupakan mahasiswa yang berasal dari jurusan Teknik Mesin dan Teknik Sipil yang diterima melalui UMPTN. Hal ini terus berlanjut hingga tahun 1996.\012Pada tahun 1996 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 454/Dikti/kep/1996, Program Studi Teknik Industri secara resmi berdiri. Mulai tahun 1997 mulai menerima mahasiswa melalui UMPTN. Pada tahun 2005 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 28/DIKTI/Kep/2005, tanggal 30 Mei 2005, Jurusan Teknik Industri resmi berdiri. Setelah resmi berdiri, Jurusan Teknik Industri menjadi salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Melalui jalur SPMB maksimal calon mahasiswa yang diterima adalah 100 orang.\012Latar belakang pendidikan Teknik Industri Universitas Andalas adalah adanya keinginan para pimpinan Unand untuk memperluas peranannya dalam dunia pendidikan tinggi di Indonesia sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran sebagaimana yang termaktub dalam Statuta Universitas Andalas Bab II Pasal 4 terutama di bidang Teknik Industri. Sejak awal berdiri, telah ditetapkan bahwa Teknik Industri Unand dalam proses pembelajaran memberikan penekanan pada industri yang berbasis manufaktur sebagai platform dengan dua alasan, yaitu:\0121. Sistem berbasis industri manufaktur merupakan sistem yang mempunyai komponen/subsistem yang paling konkrit dan paling lengkap dibandingkan dengan sistem lain (misalnya sistem perbankan, sistem rumah sakit, sistem transportasi atau sistem jasa lainnya)\0122. Teknik Industri Unand ingin membangun kepakaran dalam bidang teknik dan manajemen industri, terutama industri manufaktur sehingga upaya pengembangan keilmuan menjadi lebih fokus dan para lulusannya mempunyai ciri kepakaran ini.\012Jurusan Teknik Industri secara kontinu melakukan perbaikan dan pembenahan baik dalam sistem pendidikan maupun tata kelola, sehingga pada tahun 2005 Jurusan Teknik Industri Unand mendapatkan Akreditasi B berdasarkan keputusan BAN PT No. 07965/Ak-IX-S1-022/UADTKI/XII/2005.

Visi

:

Menjadi institusi pendidikan teknik industri yang terkemuka dan bermartabat.

Misi

:

1. Mengembangkan Jurusan Teknik Industri menjadi yang terkemuka dalam bidang keilmuan teknik industri.\0122. Melaksanakan pendidikan tinggi dalam bidang Teknik Industri agar menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional dan mampu bersaing di pasar global\0123. Mendukung peningkatan daya saing bangsa Indonesia melalui penciptaan karya dalam bidang keilmuan Teknik Industri yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kompetensi Program Studi

:

1. Mampu mengidentifisikan, memformulasikan, dan memecahkan masalah-masalah perancangan maupun perbaikan sistem integral yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan, dan energu secara kreatif dengan menggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional dan eksperimental.\0122. Mampu mengimplementasikan hasil-hasil pemecahan masalah dan mempunyai wawasan luas sehingga dapat memahami dampaknya terhadap konteks lokal maupun global\0123. Mampu beradaptasi terhadap teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi keteknik industriannya\0124. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama secara efektif\0125. Memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika.

 

 

39.   S1 Teknik Lingkungan

 

Deskripsi

:

Program Studi Teknik Lingkungan Unand berdiri sejak tahun 1996 dengan SK Pendirian No. 454/Dikti/Kep/1996 tanggal 9 September 1996 di Kampus Unand Air Tawar Padang. Selanjutnya diperpanjang dengan SK Ijin Operasional No. 65/Dikti/Kep/2007 tanggal 2 April 2007. Tahun 2006 mendapat akreditasi B dan pada tahun 2011 juga telah diperbaharui dengan predikat B dan berakhir pada tahun 2016. Program Studi Teknik Lingkungan terletak di kampus Unand, Limau Manis, Padang

Visi

:

Menjadi Program Studi Teknik Lingkungan yang bermartabat dan berkualitas dengan reputasi internasional dalam bidang rekayasa dan pengelolaan lingkungan khususnya lingkungan perkotaan.

Misi

:

1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang bermartabat dan berkualitas dalam bidang rekayasa dan pengelolaan lingkungan khususnya lingkungan perkotaan\0122. Mengembangkan penelitian yang berkualitas dan aplikatif bidang rekayasa dan pengelolaan lingkungan khususnya lingkungan perkotaan\0123. Mengembangkan iptek dalam bidang rekayasa dan pengelolaan lingkungan khususnya lingkungan perkotaan\0124. Memperluas jaringan kerjasama yang produktif dengan berbagai pihak\0125. Meningkatkan kualitas manajemen yang berkelanjutan

Kompetensi Program Studi

:

KOMPETENSI UTAMA:\0121. Menguasai dasar-dasar dan prinsip-prinsip teknik lingkungan untuk identifikasi, perumusan, dan pemecahan masalah dalam perencanaan/perancangan, pengendalian dan pengelolaan sumber daya air, air minum, air buangan, buangan padat, kualitas udara dan kesehatan lingkungan khususnya lingkungan perkotaan\0122. Mampu melakukan perencanaan/perancangan, pengelolaan, evaluasi kelayakan dan supervisi dalam kegiatan Teknik Lingkungan meliputi pengelolaan sumber daya air, air minum, air buangan, buangan padat, kualitas udara dan kesehatan lingkungan khususnya lingkungan perkotaan\0123. Bersikap profesional, menghormati etika keteknikan, bersikap wirausaha, mampu berkomunikasi dengan efektif, tanggap terhadap teknologi baru dalam bidang Teknik Lingkungan dan dapat memanfaatkan serta memahami dampak yang ditimbulkan\0124. Mampu menuangkan gagasan pengembangan Teknik Lingkungan dalam bentuk lisan/tulisan\012KOMPETENSI PENDUKUNG:\0121. Memiliki kemampuan bekerjasama dalam berprofesi dan mengembangkan ilmu dan teknologi\0122. Dapat melakukan perhitungan dan analisis matematis tingkat lanjutan untuk analisis dan pemecahan masalah dalam bidang Teknik Lingkungan.

 

40.   S1 Teknik Mesin

 

Deskripsi

:

Program Studi Teknik Mesin berdiri berdasarkan SK Mendiknas No. 01/Dikti/Kep/1985 tanggal 4 Januari 1985

Visi

:

Menjadi Program Studi Teknik Mesin yang bereputasi internasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan teknologi yang inovatif

Misi

:

1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar global\0122. Melaksanakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif untuk menunjang pembangunan nasional dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi\0123. Berperan aktif dalam pemecahan permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam bidang teknologi.

Kompetensi Program Studi

:

1. Menguasai pengetahuan dasar di bidang teknik mesin\0122. Mampu menerapkan ilmu keteknimesinan dalam memecahkan permasalahan di industri\0123. Memiliki daya saing di tingkat regional dan internasional serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi\0124. Tanggap terhadap isu-isu global serta peduli terhadap lingkungan hidup dan perkembangan sosial masyarakat.\0125. Memiliki semangat untuk belajar sepanjang masa (long life learning)

 

 

41.   S1 Teknik Pertanian

 

Deskripsi

:

Program Studi Teknik Pertanian merupakan salah satu program studi di Fakultas Teknologi Pertanian yang berdiri pada tahun 1957. Program studi Teknik Pertanian terdiri dari 3 (tiga) kelompok bidang kajian (KBK), yaitu : Teknik Tanah dan Air, Manajemen Mesin Pertanian, dan Teknik Pascapanen. Dalam rangka mencapai visi program studi, maka program studi ini ditunjang oleh beberapa laboratorium, yaitu : Lab. Teknik Sumber Daya Lahan dan Air, Lab. Instrumentasi dan Kontrol, Lab. Produksi dan Manajemen Alsintan, Lab. Pengolohan Pangan dan Hasil Pertanian, Lab. Manajemen Pertanian dan Sistem Informasi.

Visi

:

Menjadi suatu Program Studi dalam Teknik Pertanian yang bermutu sehingga dapat menghasilkan lulusan dengan kemampuan tinggi, agar dapat bersaing dalam dunia akademis dan lapangan kerja, tidak hanya di tingkat nasional tapi juga di kawasan Asia Tenggara.

Misi

:

1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi sehingga mampu menghasilkan lulusan dengan keahlian profesional dan menguasai teknologi dalam Teknik Pertanian yang siap bekerja atau memulai agro-industri yang baru\0122. Melaksanakan penelitian untuk menghasilkan pengetahuan dan teknologi yang cukup berarti dalam bidang penyiapan lahan, teknik tanah air, mesin pertanian, manajemen mekanisasi pertanian, dan operasi pasca panen\0123. Melakukan pengabdian pada masyarakat berdasarkan hasil penelitian dan perbaikan teknologi lokal

Kompetensi Program Studi

:

A. Kompetensi Utama Lulusan\0121. Mampu menerapan keteknikan dalam bidang pertanian meliputi tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan penanganan limbah.\0122. Menghayati etika keteknikan : bermoral dan loyal terhadap Negara dan bangsa.\0123. Berjiwa kewirausahaan.\0124. Menguasai prinsip desain alat dan mesin, system serta proses penyiapan lahan, budidaya, pengairan, panen dan pascapanen, pengolahan sekunder serta distribusi komoditas pertanian.\0125. Memahami dasar manufacturing dan otomasi alat dan mesin pertanian, bangunan serta prasarana penunjang pertanian seperti jalan dan jaringan elektrifikasi.\0126. Menguasai system pengendalian lingkungan dan proses untuk menghasilkan produk pertanian secara optimal.\0127. Mampu melakukan desain dan manufacturing alat dan mesin, bangunan, system serta proses dalam teknik pertanian. \0128. Mampu melakukan pengujian alat dan mesin pertanian.\0129. Mampu merancang, melaksanakan, mengelola dan melakukan supervise untuk suatu proyek keteknikan pertanian.\01210. Mampu menangani limbah pertanian\01211. Bersikap professional sebagai sarjana teknik pertanian dalam menjalani kehidupan dan karir.\01212. Mampu berkomunikasi, menangkap permasalahan dan merumuskan kebutuhan masyarakat pengguna (petani, pengrajin dan industri) untuk inovasi teknik pertanian\012B. Kompetensi Pendukung Lulusan\0121. Komputerisasi dan otomasi.\0122. Memiliki semangat korsa dengan rekan seprofesi.\0123. Menguasai kaidah eksakta dan keteknikan.\0124. Menguasai cara analisis, perumusan dan penyelesaian permasalahan dalam bidang teknik pertanian.\0125. Mampu melakukan optimasi system dan proses dalam penanganan mekanisasi pertanian.\0126. Mampu merancang system untuk mencapai quality assurance dari produk pertanian yang dihasilkan.\0127. Mampu melakukan perawatan dan perbaikan alat dan mesin, bangunan dan system pertanian.\0128. Mampu merancang tata letak pabrik dan bengkel pertanian.\0129. Mampu melakukan analisis financial suatu proyek keteknikan pertanian.\01210. Mampu memanfaatkan sumberdaya alam secara berkelanjutan dan melestarikan lingkungan: tanah, air, energi, dan sumberdaya hayati.\01211. Menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan mengenal tradisi pertanian daerah.\01212. Mampu membangun jaringan kerja dengan rekan profesi pertanian dan teknik lainnya.\012C. KompetensiLainnya/PilihanLulusan\0121. Mampu berbahasa internasional (khususnya bahasa inggris) secara pasif dan aktif.\0122. Mampu berkomunikasi untuk menyampaikan gagasan dan inovasi teknologi dalam bidang teknik pertanian.\0123. Mampu mengelola alat dan mesin, system bangunan serta proses dalam teknik pertanian.

 

 

42.   S1 Teknik Sipil

 

43.   S1 Teknologi Hasil Pertanian

Deskripsi

:

Program Studi THP berada dibawah Fakultas Teknologi Pertanian, yang terdiri atas 4 bidang kajian ilmu : 1) Teknologi dan rekayasa proses hasil pertanian, 2) kimia dan biokimia hasil pertanian, 3) Mikrobiologi dan bioteknologi hasil pertanian, 4) Teknologi qualiti control hasil pertanian

Visi

:

Menjadi program studi yang termuka dan bermartabat dalam pengembangan ilmu dan teknologi hasil pertanian tropik yang unggul dan inovatif untuk kesejahteraan masyarakat dan kejayaan bangsa

Misi

:

1. Menyelenggarakan program pendidikan yang kualitas tinggi sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing dipasar global\0122. Melaksanakan penelitian untuk menunjang pembangunan nasional dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif serta dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan produksi, mutu, dan nilai tambah komoditas unggulan daerah\0123. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan aktif berperan dalam pemecahan permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam bidang teknologi dan industri hasil pertanian\0124. Meningkatkan kualitas tata kelola organisasi yang baik dan membangun jejaring dengan stakeholder yang efektif dan efesien

Kompetensi Program Studi

:

Kompetensi prodi dibagi menjadi : kompetensi utama dan pendukung yang mengacu kepada profil lulusan. Yang termasuk dalam kompetensi utama menghasilkan lulusan yang mampu bersaing sebagai manajer muda, dosen atau peneliti, tenaga profesi di lembaga pemerintah, BUMP/S, perencana konsultan dan praktisi profesional pelaku wirausaha yang masing-masing dirincikan. Kompetensi pendukung : 1) Mampu mengembangan hasil usaha kecil menengah dan industri pedesaan dibidang hasil pertanian, 2) Mampu mengembangkan industri yang berbasis sumber daya dan komoditas lokal, 3) mampu mengembangkan indutri makanan tradisional, 4) mampu mengembangkan industri berbasis Klaster, mampu merancang dan mengembangkan pemasaran produk industri kecil (tradisional