Universitas Andalas

Pendidikan pascasarjana berupa Magister (Strata-2) dan Doktoral (Strata-3) adalah program pendidikan tinggi terpenting dalam pencapaian visi dan misi suatu perguruan tinggi atau universitas. Pengembangan ilmu pengetahuan melalui program pendidikan pascasarjana ini tidak hanya terkait dengan peningkatan sumberdaya manusia tetapi juga berkontribusi nyata terhadap capaian kerja lembaga pendidikan tinggi itu sendiri. 

Pendidikan Pascasarjana Universitas Andalas telah dimulai sejak tahun 1984 melalui kerjasama dengan IPB Bogor (KPK IPB-Unand) dalam bentuk program kegiatan pengumpulan kredit (credit earning activity). Dilanjutkan dengan program pendidikan magister tambahan di tahun-tahun berikutnya. Sampai Tahun Ajaran 2013/2014 ini, Unand telah memiliki 30 prodi S2 dan 6 Prodi S3. Pada Januari 2014, Unand telah mendapat mandat beberapa Prodi Baru S2 seperti Bioteknologi, Penyuluhan dan Komunikasi Pembangungan, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Teknik Pertanian, sedangkan  program S3 adalah Program Doktor Ilmu Peternakan. 

Pengelolaan Pascasarjana di Universitas Andalas dilaksanakan secara desentralisasi, dimana Program multi/inter disiplin dilaksanakan di Program Pascasarjana (PPs) sedangkan monodisiplin pengelolaannya dilaksanakan di Fakultas masing-masing, 

Sistem penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana di Unand dilakukan secara terpadu yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Rektor dibawah koordinasi Wakil Rektor-1. 

Pendidikan Pascasarjana adalah pendidikan lanjutan dari jenjang Pendidikan Sarjana (untuk gelar Magister/S2) atau setara dengannya dan Pendidikan S2 untuk menghasilkan  lulusan yang diberi gelar Doktor (Dr.). Penyelenggaraan pendidikan Pascasarjana diselenggarakan atas dasar kurikulum yang disusun sesuai dengan sasaran dan tujuan dari Program Studi, yang ditetapkan dengan Peraturan Rektor. 

Program pendidikan pada Pascasarjana Unand dapat dilakukan melalui Program jalur Perkuliahan (atau disebut Program by Course) dan Program jalur Penelitian (atau disebut  Program by Research). Program jalur perkuliahan terdiri dari beban studi untuk mengikuti kuliah terstruktur dan melaksanakan penelitian untuk tesis dan disertasi, sedangkan Program jalur Penelitian terdiri dari program kegiatan akademik mandiri yang terstruktur yang ditetapkan bersama dengan komisi pembimbing.