Universitas Andalas

Berdasarkan jadwal yang telah disusun Panitia Pusat SBMPTN 2014 maka pengumuman kelulusan mahasiswa baru diadakan pada tanggal 16 Juli 2014. Bagi calon mahasiswa yang diterima di Unand perlu memperhatikan tanggal-tanggal penting untuk melakukan pendaftaran ulang. Ada 4 tahapan yang harus diikuti secara betul oleh calon mahasiswa baru.

Pertama adalah Pra Pendaftaran secara online, yang akan diadakan pada tanggal 17 – 19 Juli 2014. Calon mahasiswa harus mengisi seluruh isian yang ada dengan benar karena kesalahan/kelalaian dalam melakukan isian akan merugikan calon mahasiswa sendiri. Tata cara Pra Pendaftaran dapat didownload di sini. Hasil dari Pra Pendaftaran ini adalah setiap mahasiswa mengetahui besaran UKT yang harus dibayar. Bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan Pra Pendaftaran maka akan dimasukkan ke dalam level 7 UKT.

Setelah mengetahui besaran UKT yang harus dibayar, mahasiswa kemudian melakukan pembayaran di teller Bank Nagari dengan menyebutkan nomor pendaftaran. Jadwal pembayaran adalah tanggal 21 – 22 Juli 2014. Setelah melakukan pembayaran maka calon mahasiswa akan mendapatkan slip pembayaran biaya pendidikan dan PIN (6 digit angka).

Setelah calon mahasiswa mendapatkan PIN, maka diharuskan melakukan pengisian biodata secara online di laman registrasi.unand.ac.id. Setelah mengisi seluruh biodata secara lengkap dan menyimpannya, maka mahasiswa akan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM). Pengisian biodata ini dilakukan pada tanggal 21 – 22 Juli 2014.

Tahapan terakhir adalah verifikasi data mahasiswa dan pemeriksaan kesehatan/NAPZA/Gigi. Verifikasi dan pemerikasaan kesehatan ini tentu saja harus dihadiri secara langsung oleh calon mahasiswa bersangkutan, pada tanggal 22 – 24 Juli 2014. Beberapa dokumen yang akan diverifikasi adalah fotocopy bukti pembayaran biaya pendidikan (pendaftar Bidik Misi tidak perlu menyerahkan bukti pembayaran); menyerahkan fotocopy Kartu Bukti Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2014 dan memperlihatkan aslinya; ijazah; rapor; daftar nilai UN; dan Surat Tanda Lulus Ujian Nasional/ Surat Tanda Kelulusan. Fotocopy dokumen tersebut dilegalisir dan memperlihatkan aslinya.

Demikian agar calon mahasiswa baru Unand melalui jalur SBMPTN 2014 mengetahui.

                                                                                                                                Seksi TIK dan Pendaftaran

                SBMPTN 2014