Universitas Andalas

Salah satu tahapan yang harus dilalui calon mahasiswa Unand Angkatan 2015, bagi yang bukan penerima Bidikmisi, adalah Pra Pendaftaran. Bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN 2015, periode Pra Pendaftaran adalah tanggal 25 – 31 Mei 2015. Pra Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.unand.ac.id.  

 

Proses Pra Pendaftaran ini bertujuan untuk mendapatkan Level UKT bagi setiap calon mahasiswa non Bidikmisi. Calon mahasiswa diwajibkan mengunggah (upload) 5 buah dokumen, yaitu: Surat Pernyataan Orang Tua (dapat didownload di sini), Surat Perjanjian Mahasiswa Baru (dapat didownload di sini), Rincian Gaji kedua orang tua, Foto Copy Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan Foto Copy Kartu Keluarga (KK). Setelah mengupload kelima dokumen tersebut kemudian calon mahasiswa diharuskan mengisi data yang diminta. Kejujuran dalam pengisian data ini sangat ditekankan, karena jika ditemukan ketidakjujuran, maka Unand dapat menjatuhkan sanksi seberat-beratnya mencabut status sebagai mahasiswa Unand.

 

Calon mahasiswa Unand yang diterima melalui jalur SNMPTN 2015 sebanyak 2.379 orang, dengan perincian 1.519 reguler dan 860 Bidikmisi. Dengan demikian maka 1.519 calon mahasiswa reguler tersebut wajib melakukan Pra Pendaftaran. Sampai dengan tanggal 28 Mei 2015, jam 10.40, baru sebanyak 628 orang (41,34%) calon mahasiswa reguler yang melakukan Pra Pendaftaran. 

 

Rektor Unand, Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE., MA., menganjurkan agar calon mahasiswa segera melakukan Pra Pendaftaran, tidak menunggu sampai saat-saat terakhir periode. Hal ini untuk menghindari kepadatan jalur Pra Pendaftaran pada saat-saat terakhir itu. Rektor juga mengingatkan bahwa sanksi bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan Pra Pendaftaran adalah memasukkan yang bersangkutan pada Level tertinggi (Level 7) pada masing-masing Prodi. Agar terhindar dari kepadatan arus dan terkena sanksi, maka calon mahasiswa diharapkan segera melakukan Pra Pendaftaran. 

 

LPTIK Unand