Universitas Andalas

Seperti disebutkan dalam Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016, bahwasanya penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada perguruan tinggi negeri, (PTN) selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui Jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Bahwasanya para Rektor PTN yang tergabung dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Wilayah Barat (BKS Wilayah Barat) memandang penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri yang merupakan kewenangan pimpinan perguruan tinggi merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan secara profesional, terukur, terjamin dan efesien. Oleh karena itu, maka para Rektor dari 16 PTN anggota BKS Wilayah Barat, dalam pertemuannya di Jakarta pada tanggal 18 Februari 2017; tanggal 5-6 Maret 2017 dan tanggal 12-13 Maret 2017, telah bersepakat untuk dapat menyelenggarakan program seleksi masuk perguruan tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan program SMM PTN-BARAT 2017. Enam belas PTN yang tergabung dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2017 adalah;

  • Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
  • Universitas Andalas (Unand)
  • Universitas Jambi (Unja)
  • Universitas Lampung (Unila)
  • Universitas Bengkulu (Unib)
  • Institut Seni Indonesia (ISI)
  • Universitas Palangkaraya (UPR)
  • Universitas Malikussaleh (Unimal)
  • Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)
  • Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  • Universitas Bangka Belitung (UBB)
  • Universitas Teuku Umar (UTU)
  • Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah,
  • Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
  • Insitut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh,
  • Universitas Samudera (Unsam)

 

Program SMM PTN-BARAT 2017, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. Seperti halnya SBMPTN, SMM PTN-BARAT adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-based Test), atau menggunakan komputer (Computer-based Test), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

Pembiayan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2017 sepenuhnya bersumber dari biaya registrasi dan seleksi para calon mahasiswa. Informasi lebih lanjut meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya, secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website masing-masing perguruan tinggi peserta SMM PTN-BARAT tahun 2017.

 

Latar Belakang


Kegiatan seleksi penerimaan mahasiswa baru merupakan hal yang penting, yaitu untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang berkualitas dan memiliki kompetensi dasar yang baik sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini merupaka suatu kegiatan rutin bagi seluruh institusi pendidikan, karena itu penyelenggaraannya harus profesional, terjamin, terukur dan efesien.

Seleksi calon mahasiswa jalur mandiri yang dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi, selama ini telah berjalan baik. Namun demikian, bagi peserta penyelenggaraan ini, belum menguntungkan, kurang fleksibel dan kurang efisien, karena bersifat lokal, yaitu tidak ada opsi untuk memilih perguruan tinggi lain. Melalui program SMM PTN-BARAT 2017 ini, para peserta calon mahasiswa memiliki opsi untuk memilih program studi dari perguruan tinggi lain yang diminatinya, seperti yang ditawarkan pada program SBMPTN.

Tujuan


Tujuan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi dari berbagai perguruan tinggi.
  2. Menyeleksi secara bersama, calon-calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

 

 

Informasi lainnya


  1. Informasi resmi mengenai SMM PTN 2017 dapat diakses melalui laman  http://www.smmptnbarat.id.
    1. Website SMM PTN-BARAT 2017: http://www.smmptnbarat.id
    2. Website perguruan tinggi masing-masing.
    3. Sekretariat panitia SMM PTN-BARAT 2017 pada masing-masing perguruan tinggi.
  2. Alamat Sekretariat SMM PTN-BARAT 2017 adalah sebagai berikut:

Gedung Rektorat Unand
Kampus Unand, Limau Manis, Padang 25163, Sumbar

Telepon: 0751-71181; 71175; 71086; 71087;
Faksimil: 0751-78085; 713301

1. Ketentuan Umum

SMM PTN-BARAT 2017 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya menggadopsi pola yang dilakukan dalam jalur SBMPTN, yaitu berdasar hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-based Test), atau menggunakan komputer (Computer-based Test), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa, yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

2. Persyaratan

  1. Pendaftaran
    1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
    2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
    3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
    4. Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2015, 2016, dan 2017 kecuali untuk UMRAH, Unja, dan Unimal tahun ijazah 5 tahun yaitu 2013, 2014, 2015, 2016, dan 2017
  2. Penerimaan

    Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTN-BARAT 2017, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi yang besarnya dapat dilihat website perguruan tinggi masing-masing.

 

  1. Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2017 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat dan diunduh pada website www.smmptnbarat.id.
  2. Proses pendaftaran diawali dengan pembayaran biaya registrasi dan seleksi melalui Bank yang ditetapkan untuk mendapat Nomor PIN sebagai bukti pembayaran.
  3. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dilakukan melalui website www.smmptnbarat.id dengan cara memasukan nomor identitas yang terdiri dari gabungan NISN dengan tanggal lahir (ddmmyy) dan PIN yang diperoleh dari proses pembayaran pada Bank yang ditetapkan.
  4. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 Juni 2017 sampai dengan tanggal 30 Juni 2017.
  5. Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2017, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2017 pada kolom yang disediakan.

1. Ujian Tertulis (PBT)

Materi Ujian Tertulis terdiri atas:

  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi dan Ekonomi.

2. Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan terdiri dari :

  1. Ujian keterampilan seni rupa dengan mata tes menggambar, tes pengetahuan dan wawasan seni rupa.
  2. Ujian keterampilan seni tari dengan mata tes tari bentuk, tes kreatifitas tari, tes imitasi gerak, serta tes pengetahuan dan wawasan seni tari (dalam bentuk wawancara)
  3. Ujian keterampilan seni musik dengan mata tes musikalitas, tes praktek instrumen, serta tes pengetahuan dan wawasan seni musik (dalam bentuk wawancara)
  4. Ujian keterampilan seni drama/teater dengan mata tes praktek monolog, tes praktek pantomim, serta tes pengetahuan dan wawasan seni drama/teater (dalam bentuk wawancara).
  5. Ujian keterampilan olah raga dengan mata tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.

Kelompok Ujian


Kelompok ujian SMM PTN-BARAT 2017 terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  1. Kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TKPA, TKD dan Saintek.
  2. Kelompok Ujian Soshum dengan materi ujian TKPA, TKD, dan Soshum.
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKS, Saintek, dan Soshum.

Setiap peserta dapat mengikuti salah satu dari kelompok Saintek, Soshum, atau Campuran.

Kelompok Program Studi dan Jumlah dan Pilihan


  1. Program studi (Prodi) yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan Soshum.
  2. Peserta yang memilih prodi-prodi yang masuk pada kelompok Saintek atau Soshum saja dapat memilih sebanyak-banyak 3 prodi pada satu PTN atau lebih.
  3. Peserta yang memilih prodi-prodi yang masuk kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) dapat memilih sebanyak-banyak 4 prodi pada satu PTN atau lebih.
  4. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  5. Peserta diwajibkan untuk memilih prodi pada PTN tempat mengikuti ujian sebagai pilihan pertama.
  6. Bagi yang memilih prodi bidang keolahragaan dan seni diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.