Universitas Andalas

Sesuai dengan jadwal, pengumuman kelulusan Seleksi Jalur Mandiri  2020 yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 26 Agustus 2020 pada laman http://hasil.pmbm.unand.ac.id/

Bagi calon mahasiswa yang diterima pada program studi di Universitas Andalas dapat melihat pengumuman http://hasil.pmbm.unand.ac.id/, dapat melihat nama-nama yang lulus disini dan Tata cara pendaftaran ulang di sini.

Calon mahasiswa diharapkan dapat membaca mekanisme tersebut dengan baik dan hati-hati. Tanggal-tanggal penting harus dicatat agar tidak salah. Secara umum, tahapan pendaftaran ulang calon mahasiswa Unand melalui jalur seleksi Mandiri 2020 adalah:

  • Peserta Lulus Pemegang KIP-Kuliah 

        Bagi Peserta lulus SMBKA dan SMBPU dengan pemegang KIP-

        Kuliah Untuk dapat mengisi Formulir Pendataan KIP-Kuliah Pada

        :http://layanan.akademik.unand.ac.id/index.php/kip/daftar ,Setelah dilakukan Verifikasi, maka PIN Registrasi akan di kirimkan melalui Email atau No.Hp yang aktif. 

  • Pembayaran SPP dan Biaya Pengembangan Institusi (SMBKA) 28 Agustus - 1 September 2020- SPP dan Biaya Pengembangan Institusi dibayar sekaligus, dan UKT (SMBPU) dilaksanakan mulai tanggal 28 Agustus - 31 Agustus 2020 (Non KIP-Kuliah). Untuk Biaya SPP dan Pengembangan Institusi dapat dilihat disini download.  Akan tetapi yg lulus  SBMPU wajib melakukan Pra Registrasi secara online pada laman https://pmb.unand.ac.id/ atau http://ukt.unand.ac.id. Dan dapat dibayar melalui Bank MITRA (Multibank) : secara online maupun melalui Teller ke Bank Nagari, Bank Syariah Mandiri, Bank Mandiri, dan Bank BNI dengan ketentuan sebagai berikut:

Petunjuk Pembayaran secara online :

I.          Bank Nagari

Petunjuk : http://unand.net/kSE5C

II.        Bank Syariah Mandiri

        Petunjuk :  http://unand.net/6GDud

 

III.   Bank Mandiri

      Petunjuk : http://unand.net/FzSul

IV.   Bank BNI

        Petunjuk : http://unand.net/TxMDn

  • Bagi Peserta yang lulus seleksi Mandiri berdasarkan Prestasi Unggul (SMBPU). Peserta wajib melakukan Pra Registrasi secara online pada laman https://pmb.unand.ac.id/ atau http://ukt.unand.ac.id  ( 28 Agustus - 30 Agustus 2020)

Melakukan registrasi online dan mengisi biodata pada http://registrasi.unand.ac.id  dengan memasukkan No.Pendaftaran dan PIN (6 digit angka) yg di dapat setelah melakukan pembayaran di bank (28 Agustus- 1 September 2020)

  • Mengunggah (upload) dokumen yang diperlukan dalam sistem online 

 

  • Pendaftaran Peserta BPJS (Jadwal Menyusul). Seluruh calon mahasiswa wajib mempunyai kartu Peserta Asuransi Kesehatan yang masih berlaku (BPJS Kesehatan/ASKES/JAMKESMAS/JAMKESDA/KIS) dan terdaftar di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Faskes Tingkat I) Klinik Medika Andalas. Bagi yang belum terdaftar sebagai peserta Asuransi Kesehatan JKN-KIS BPJS Kesehatan agar segera melakukan pendaftaran dan memilih Klinik Medika Andalas sebagai Faskes Tingkat I. Kartu JKN-KIS baru bisa aktif 14 hari kalender terhitung sejak pertama mendaftar. Tata cara pendaftaran peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan dapat dilihat melalui link berikut ini:

    https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/15/Pendaftaran-Peserta.
  • Pemeriksaan kesehatan (Jadwal Menyusul)

        Biaya pemeriksaan:

- Kelompok IPA sebesar Rp. 250.000,- (Dua ratus lima puluh ribu rupiah) meliputi kesehatan umum, kesehatan gigi, narkoba, HIV, dan buta warna

-  Kelompok IPS sebesar Rp. 235.000,- (Dua ratus tiga puluh lima ribu rupiah) meliputi kesehatan umum, kesehatan gigi, narkoba, dan HIV

  Biaya di transfer melalui rekening atas nama : RPL 010 Unand OPR BLU RSGMP dengan nomor rekening    : 7788667714 pada Bank Syariah Mandiri. Biaya tersebut di luar pembayaran UKT. Formulir pemeriksaan kesehatan download disini (dibawa saat pemeriksaan)

 

  • Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM/ATM), Dalam pembuatan KTM, Mahasiswa mengisi formulir pembuatan BNI Debit- KTM Unand melalui aplikasi BNI CDMA dengan sign in pada link : http://cdma.bni.co.id dengan menggunakan :

Username  : NIM (Nomor Induk Mahasiswa)

Password : Tanggal Lahir (Format: YYYY-MM-DD) 

Instansi  : UNIV ANDALAS S1

  • Lain-lain

    1. Bagi calon mahasiswa yang bermasalah dalam proses registrasi dapat menghubungi sekretariat melalui email  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

    2.     Mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) wajib tinggal di Asrama, dan mengikuti semua ketentuan yang berlaku di asrama. Tata cara pendaftaran asrama diatur tersendiri melalui pengelola asrama;

    3.     Jika mengundurkan diri setelah mendaftar, UKT yang sudah disetor tidak dapat diminta kembali.

 

Bagi semua calon mahasiswa yang lulus seleksi Mandiri  2020 dapat mengunduh semua dokumen yang ada di bawah, sebagai syarat kelengkapan pendaftaran. 

  • Surat pernyataan Mahasiswa Baru (yang sudah lengkap) - Download
  • Formulir pemeriksaan kesehatan mahasiswa - Download
  • Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua (Pekerjaan Non Formal) - Download
  • Surat Pernyataan Orang Tua/Wali - Download
  • Surat Pernyataan Peneriman KIP (Kartu indonesia Pintar) - Download
  • Surat Pernyataan Penerima KIP bersedia tinggal di Asrama - Download

 

Rektor Unand mengucapkan selamat kepada adik-adik yang telah diterima melalui jalur seleksi Mandiri 2020. Kelalaian dan kesalahan akibat tidak mengikuti mekanisme pendaftaran ulang yang telah ditentukan dapat mengakibatkan pembatalan kelulusan.

 

Universitas Andalas