Universitas Andalas

Informasi umum

Sehubungan dengan situasi pandemi COVID-19 ini, Program Diploma III dan Intake DIII Fakultas Ekonomi Universitas Andalas tidak melaksanan seleksi masuk berdasarkan ujian tertulis pada tahun 2021. Tahun 2021 ini seleksi mandiri dilaksanakan berdasarkan portofolio. Seleksi  ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021, 2020, dan 2019 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) program studi pada Program Diploma III. Untuk program sarjana Intake DIII tahun 2021, 2020, dan 2019. Pendaftar intake DIII hanya memilih satu program studi pilihan.

 

Syarat Pendaftaran

  • Warga Negara Indonesia;
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021, 2020, dan 2019:
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi tanda tangan kepala sekolah/pimpinan dan cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah atau ijazah (apabila sudah ada); 
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020 dan 2019 harus memiliki ijazah;

 

Tatacara Pendaftaran

  • Membuat akun pendaftaran melalui laman formulir https://pmbm.unand.ac.id/ dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online;
  • Memilih 2 (dua) program studi pada Program Diploma III. Urutan pilihan menunjukkan skala prioritas;
  • Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran;
  • Membayar biaya pendaftaran melalui sistem formulir https://pmbm.unand.ac.id/
  • Biaya pendaftaran Rp. 300.000
  • Mencetak Bukti Pendaftaran online, melalui akun pendaftaran masing-masing. 
  • Siapkan scan dokumen asli berikut ini untuk diunggah untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas).

 

Dokumen yang diperlukan bagi Pendaftar DIII

 

Semua dokumen dalam format .pdf

 

  • Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah (apabila sudah ada) bagi Lulusan tahun 2021
  • Ijazah asli bagi Lulusan tahun 2020dan 2019
  • Rapor Kelas X-XII Semester 1-5 bagian Pengetahuan/Akademik (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris).
  • Indeks Prestasi per semester untuk pelamar Intake DIII.
  • KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum mempunyai KTP)
  • Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
  • Sertifikat Juara1 - 3 dalam perlombaan tingkat Provinsi/Nasional/Internasional yang diperoleh pada waktu SMA/SMK/MA

 

Dokumen yang diperlukan bagi Pendaftar Program Sarjana Intake DIII

 

Semua dokumen dalam format .pdf

 

  • Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah (apabila sudah ada)
  • Indeks Prestasi per Semester
  • Transkrip nilai
  • KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum mempunyai KTP)
  • Surat Pernyataan Keaslian Dokumen
  • Sertifikat yang menunjukkan prestasi selama mengikuti perkuliahan DIII

 

Pendaftaran Online

Pembayaran Biaya Pendaftaran

Pengumuman

Registrasi Ulang

6 – 28 Juli 2021 (pukul 12.00 WIB)  

Sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing.

4 Agustus 2021

5  – 11 Agustus 2021

 

Catatan: Tanggal-tanggal penting di atas dapat berubah sesuai perkembangan dan kebutuhan.