Universitas Andalas

Diberitahukan kepada seluruh Calon Mahasiswa Baru yang lulus jalur seleksi Mandiri Universitas Andalas Tahun 2020 dengan pemegang KIP-Kuliah di wajibkan untuk melakukan pengisian Formulir pada link berikut : http://layanan.akademik.unand.ac.id/index.php/kip/daftar  Untuk dilakukan verifikasi data.  Setelah dilakukan Pendataan dan verifikasi data KIP-kuliah, PIN registrasi akan dikirimkan melalui email atau Handphone yng terdaftar pada Sistem. Waktu Pengisian di lakukan pada tanggal 28 Agustus – 30 Agustus 2020. 

Demikian disampaikan dan di harapkan berhati-hati dalam mengisi data dan file yg di upload dalam sistem Pendataan KIP-Kuliah.

- Pertanyaan : Setelah melakukan Pembayaran ID bayar ke bank, apakah dapat lagi membeli PIN baru lagi?

Jawaban : Tidak bisa, semua peserta hanya diberi 1 kali kesempatan membeli dan membayar PIN.

 

- Pertanyaan : Ketika membeli PIN, salah pengisian Biodata atau Salah memilih Jalur SMBKA / SMBPU, apakah dapat ditukar kembali atau dibatalkan?

Jawaban. : Bisa, PIN dapat di tukar atau dibatalkan, selama belum dilakukan pembayaran ID bayar dan PIN ke bank, dengan fitur " Batal ID Bayar dan PIN.  

 

- Pertanyaan : Kenapa saya tidak bisa upload file hasil scan rapor sekolah ke sistem Pendaftaran ?

Jawaban : Pastikan lagi kapasitas file rapor tidak lebih dari 5 MB, dan tidak kurang dari 600 KB.

 

- Pertanyaan : Ketika akan melakukan pembayaran ID bayar dan PIN ke bank, ternyata bukti ID bayar dan PIN lupa atau hilang, bagaimana cara mendapatkannya kembali?

Jawaban : ID Bayar dan PIN yang lupa atau hilang, dapat menggunakan fitur " Lupa ID Bayar dan PIN " 

 

- Pertanyaan : Ketika bayar ID Bayar ke bank, tidak bisa melakukan pembayaran dikarenakan ID bayar tidak ditemukan, padahal sudah sesuai dengan Hasil cetakan dan Bukti ID bayar dan PIN, kemudian saya ke bank membayar Melalui Teller juga tidak bisa apa yang harus saya lakukan ?

Jawaban : Pastikan dulu, koneksi jaringan internet anda lancar, jikalau menggunakan Mobile atau internet banking, begitu juga dengan ATM dan Teller, Silahkan anda melakukan login lagi ke Sistem Pendaftaran, bisa jadi anda sudah berhasil melakukan pembayaran, silahkan lengkapi biodata dan lakukan finalisasi sampai cetak Kartu Peserta.

 

- Pertanyaan : Ketika pengisian Sekolah, sekolah tidak ditemukan, apa yang harus saya lakukan?

Jawaban : Harusnnya semua sekolah sudah terakomodir di dalam sistem pendaftaran, begitu juga dengan sekolah luar negeri yang sudah di setarakan oleh Kemdikbud, jikalau belum ada juga, silahkan kirimkan keluhan di Fitur atau Menu "Kontak Kami"

 

- Pertanyaan : Ketika mengupload persyaratann rapor sekolah yang mengharuskan di legalisir terlebih dahulu, akan tetapi sekolahnya belum sepenuhnya di buka dikarenakan Alasan Wabah Covid-19, bagaimana dan apa yang harus peserta lakukan?

Jawaban : Silahkan scan rapor aslinya, kemudian upload pada sistem Pendaftaran.

 

- Perntayaan : Saya Jurusan sebelumnya IPA, kemudian mengambil kategori Soshum, atau Sekolah kejuruan, setelah mengisi data di sistem pendaftaran ada mata pelajaran pada sistem pendaftaran yang tidak ada di rapor saya, apa yang harus saya lakukan?

Jawaban : Silahkan input data nilai yang ada di rapor-nya saja, untuk nilai mata pelajaran yang tidak ada di rapor silahkan dikosongkan saja. dan lanjutkan ke tahap selanjutnya

 

- Pertanyaan : Sebagai Peserta Kategori SMBPU, saya punya prestasi di bidang  Hafizh Al-Quran diwajibkan untuk mengisi tingkat (Internasional, nasional, provinsi) dan juara (1,2,3) sedangkan Hafizh Al-Quran tidak di lombakan, bagaimana saja menentukannya?

Jawaban : Silahkan pilih salah satu kategori lomba yg terkait keagamaan, untuk pilihan tingkat dan juara dipilih tidak ada kemudian jumlah hafalan Juz tuliskan di keterangan dan upload sertifikatnya.

 

 

Mohon perhatian, untuk pendaftaran seleksi jaur Mandiri Universitas Andalas, akan dilakukan penutupan pada 18 Agustus 2020 untuk pendaftaran jam 23.45 WIB dan pengisian formulir pada jam 23.59 WIB.

Diberitahukan kepada seluruh Pendaftar Seleksi Jalur Mandiri Universitas Andalas Tahun 2020, mulai hari ini diwajibkan melakukan pengisian tambahan data mata pelajaran sebagai berikut:

Kelompok Saintek:       1) Kimia,  2) Fisika,  3) Biologi.

Kelompok Soshum:      1) Ekonomi, 2) Geografi, 3) Sejarah.

Kelompok Campuran:   1) Kimia,  2) Fisika,  3) Biologi.