Jalur Seleksi Masuk Berdasarkan Prestasi

(SIMA Prestasi)

Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Diploma jalur Seleksi Masuk Berdasarkan Prestasi yang selanjutnya disingkat dengan SIMA Prestasi dilaksanakan melalui dua sub-jalur yang dapat dipilih oleh Dekan untuk masing-masing Program Studi yaitu : 

  1. SIMA Prestasi Lomba, diperuntukkan bagi peserta yang memiliki prestasi paling rendah juara 3 (tiga) atau medali perunggu dalam bidang minat, bakat atau penalaran yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tingkat internasional/nasional/wilayah.
  2. SIMA Prestasi Nonlomba, diperuntukkan bagi peserta yang memiliki prestasi namun belum mendapatkan medali sebagaimana ketentuan SIMA Prestasi Lomba, yang terdiri dari :
    • Prestasi di bidang  keagamaan misalnya hafiz Al-Quran paling sedikit 10 (sepuluh) juzz atau prestasi yang setara bagi yang beragama selain Islam; dan
    • Bakat dalam kepemimpinan sebagai ketua umum organisasi siswa intra sekolah/madrasah atau organisasi siswa lainnya yang setara pada satuan pendidikan menengah atas dan ditunjang dengan pelatihan kepemimpinan yang mendukung.

Peserta yang diterima melalui jalur Prestasi membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) berdasarkan level pada suatu program studi dan tidak dibebankan membayar uang Pembangunan Institusi (PI). 

Persyaratan

Peserta PMB SIMA Prestasi harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Memiliki ijazah 2 (dua) tahun sebelumnya atau surat keterangan lulus (SKL) tahun berjalan bagi lulusan SMA, SMK, MA dan sekolah sederajat lainnya yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  2. Memiliki nilai rapor semester I sampai semester V yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
  4. Peserta SIMA Prestasi Sub Jalur Prestasi Lomba memiliki bukti sertifikat prestasi paling rendah peringkat juara 3 yang diperoleh dalam 3 (tiga) tahun terakhir selama masa pendidikan atau setelah, pada kejuaraan/lomba:
    • Tingkat internasional yang diselenggarakan lembaga yang kredibel dan diikuti paling sedikit oleh 4 (empat) negara; atau
    • Tingkat nasional/ wilayah yang diselenggarakan oleh lembaga resmi yakni Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, atau instansi non-pemerintah.

Prestasi kejuaraan/lomba yang diakui untuk PMB SIMA Prestasi mencakup bidang : 

  1. Olahraga :  cabang  olah raga yang diperlombakan pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) dan Pekan Olahraga Nasional (PONAS);
  2. Kesenian : mencakup semua jenis kesenian yang diperlombakan pada Pelaksanaan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas);
  3. Sains : lomba dalam bidang ilmiah yang diselenggarakan oleh :
      • Kemendikbudristek seperti Kompetisi Sains Nasional (KSN), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK, Lomba debat, Robotika, dan lomba lainnya; dan
      • Kemenag RI seperti Kompetisi Sains Madrasah (KSM); atau

      4. Keagamaan : mencakup  semua cabang yang diperlombakan pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), antara lain  hifdzil qur’an, fahmil qur’an, syahril qur’an, tafsir qur’an, tilawah/tartil qur’an.

Apabila peserta memiliki prestasi lebih dari 1 (satu) maka dicantumkan dalam portofolio.

  1. Peserta SIMA Prestasi Sub Jalur Prestasi Non Lomba memiliki sertifikat hafiz Al-Quran paling sedikit 10 (sepuluh) juzz, yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah atau instansi yang berwenang (jalur TAHFIZ); memiliki Surat Keputusan Kepala Sekolah/ Satuan Pendidikan sebagai Ketua Umum OSIS/ OSIM dan ditambahkan portofolio yang memuat pelatihan kepemimpinan yang pernah diikuti (jalur KEPEMIMPINAN).

Mekanisme

  1. Pendaftaran
    1. Pengumuman dan informasi pendaftaran PMB SIMA Prestasi dapat diakses pada laman unand.ac.id dan pmb.unand.ac.id
    2. Pendaftaran dapat diakses pada laman pmbm.unand.ac.id 27 Mei sampai dengan 24 Juni 2024 dengan tahapan sebagai berikut :
      • Peserta membeli PIN, memilih program studi, dan mendapatkan ID bayar;
      • Membayar ke bank mitra UNAND melalui berbagai channel yang tersedia;
      • Melengkapi biodata pada laman unand.ac.iddan mengisi portfolio sesuai format klik disini -> Form Portfolio SIMA UNAND;
      • Mencetak kartu peserta.
  1. Tes menggambar pada hari Senin 1 Juli 2024 khusus untuk peserta seleksi program studi arsitektur. Tes menggambar dilaksanakan di ruang seminar Gedung F Kampus Unand Limau Manis.
  2. Ujian Tahfiz Senin atau Selasa (1 atau 2 Juli 2024) khusus untuk peserta seleksi sub jalur Non Lomba Tahfiz.
  3. Pengumuman hasil seleksi dapat diakses pada laman pmbm.unand.ac.id pada tanggal 15 Juli 2024
  4. Masa Sanggah

Peserta dapat melakukan sanggah terhadap hasil SIMA paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan melampirkan bukti pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan.