Jalur Seleksi Masuk Kelas Internasional
(SIMA Kelas Internasional)
Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana jalur Seleksi Masuk Kelas Internasional yang selanjutnya disingkat dengan SIMA Kelas Internasional berlaku bagi peserta Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing. SIMA Kelas Internasional pada prinsipnya memberikan kesempatan kepada lulusan SMA, SMK, MA dan sekolah sederajat lainnya untuk menempuh pendidikan di UNAND dengan pengalaman belajar di perguruan tinggi di luar negeri. Pengalaman belajar mahasiswa di perguruan tinggi di luar negeri dapat ditempuh melalui program pengumpulan kredit (credit earning) paling sedikit 2 (dua semester); dan/atau program gelar bersama (join degree) atau program gelar ganda reguler (double degree atau dual degree). Transportasi keberangkatan dan kepulangan serta biaya hidup dapat ditanggung oleh UNAND jika beban belajar yang dilaksanakan di perguruan tinggi luar negeri minimal 20 sks per semester.
Persyaratan
Peserta PMB jalur SIMA Kelas Internasioanal harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
- Memiliki ijazah 2 (dua) tahun sebelumnya atau surat keterangan lulus (SKL) tahun berjalan bagi lulusan SMA, SMK, MA dan sekolah sederajat lainnya yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah; atau ijazah paket C dalam 2 (dua) tahun terakhir yang dilegalisir oleh Kepala Dinas Pendidikan dan umur paling tinggi 25 (dua puluh lima) tahun;
- Memiliki sertifikat TOEFL/ IELTS yang diterbitkan oleh lembaga resmi; dan
- Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
Mekanisme
- Pendaftaran
- Pengumuman dan informasi pendaftaran PMB SIMA Kelas Internasional dapat diakses pada laman unand.ac.iddan pmb.unand.ac.id
- Pendaftaran dapat diakses pada laman pmbm.unand.ac.id 27 Mei sampai dengan 24 Juni 2024 dengan tahapan sebagai berikut :
-
-
- Peserta membeli PIN, memilih program studi, dan mendapatkan ID bayar;
- Membayar ke bank mitra UNAND melalui berbagai channel yang tersedia;
- Melengkapi biodata pada laman unand.ac.iddan
- Mencetak kartu peserta.
-
- Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer pada tanggal 2 - 4 Juli 2024.
-
- Peserta mengikuti ujian tertulis berbasis komputer secara luring dan mempersiapkan kelengkapan ujian dan masker (bagi yang sakit atau memerlukan).
- Peserta diwajibkan sudah mengetahui ruang dan lokasi ujian (peta dan google map) yang dapat diakses pada unand.ac.id.
- Peserta dihimbau tiba dilokasi ujian 30 menit sebelum ujian dimulai, dan petugas akan mengarahkan peserta menuju ruang ujian dan tempat duduk.
- Sebelum memasuki ruangan, telepon seluler peserta harus dalam keadaan mati dan dimasukkan ke dalam tas masing-masing.
- Peserta dilarang membawa alat komunikasi dalam bentuk apapun ke dalam ruang ujian dan untuk memastikan bebas dari alat tersebut maka petugas akan melakukan pengecekan dengan metal detector.
- Peserta meletakkan kartu tanda peserta ujian dengan foto menghadap ke atas di atas meja.
- Peserta mendengarkan tata tertib yang dibacakan oleh panitia dan menyiapkan dokumen atau identitas yang akan diperiksa pengawas.
- Peserta mengisi daftar hadir.
- Sebelum ujian dimulai, akan ada tutorial terlebih dahulu agar peserta bisa beradaptasi dengan baik dengan mekanisme ujian tertulis berbasis komputer.
- Setelah tutorial, peserta akan menerima token ujian untuk melakukan ujian sesungguhnya.
- Pengawas akan mempersilakan para peserta ke toilet bagi yang membutuhkan, sebelum dimulainya ujian.
- Ujian dimulai dengan memasukkan nomor peserta dan token ujian.
- Sebelum ujian berakhir pengawas akan memberikan peringatan waktu.
- Setelah ujian selesai peserta tetap duduk menunggu dipersilakan keluar.
-
Materi ujian UTBK:
-
-
- Tes Potensi Skolastik
- Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
- Penalaran Matematika
-
- Tes menggambar pada hari Senin 1 Juli 2024 khusus untuk peserta seleksi program studi arsitektur. Tes menggambar dilaksanakan di ruang seminar Gedung F Kampus Unand Limau Manis.
- Pengumuman hasil seleksi dapat diakses pada laman pmbm.unand.ac.id pada tanggal 15 Juli 2024
- Masa Sanggah
Peserta dapat melakukan sanggah terhadap hasil SIMA paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi melalui email