Jalur Seleksi Masuk Penyandang Disabilitas

(SIMA Disabilitas)

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Program Diploma jalur Seleksi Masuk Penyandang Disabilitas yang selanjutnya disingkat dengan SIMA Disabilitas, diperuntukkan bagi calon peserta yang memiliki keterbatasan fisik atau sensorik, kelainan, kerusakan pada fungsi gerak yang diakibatkan oleh kecelakaan atau pembawaan sejak lahir. PMB Jalur SIMA Disabilitas merupakan amanah dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. UNAND sebagai Kampus Inklusi yang dilandasi dengan nilai dasar inklusivitas dan saling menghargai, memberikan pemenuhan hak penyandang disibilitas untuk dapat mengakses pendidikan tinggi. Peluang  peserta penyandang disabilitas untuk menempuh pendidikan tinggi di UNAND cukup tinggi, karena PMB jalur SIMA Disabilitas menyediakan daya tampung program studi mencapai 30% (tiga puluh persen) di antara daya tampung SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, SIMA Disabilitas, dan SIMA Mahasiswa Internasional. Mahasiswa yang diterima pada jalur SIMA Disabilitas berhak mendapatkan biaya pendidikan Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah Afirmasi.

Dalam hal memilih program studi peserta harus memperhatikan : 

  1. Kesesuaian antara keterbatasan fisik atau sensorik peserta dengan kompetensi psikomotorik yang mesti dicapai pada program studi yang diminati; dan
  2. Kemampuan akademik yang memadai untuk dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan tepat waktu.

Apabila peserta tidak memenuhi dua hal ini, Rektor dapat merekomendasikan kepada Dekan untuk dipertimbangkan penerimaannya pada program studi yang sesuai. 

Persyaratan

Peserta PMB jalur SIMA Disabilitas harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Memiliki ijazah 2 (dua) tahun sebelumnya atau surat keterangan lulus (SKL) tahun berjalan bagi lulusan SMA, SMK, MA dan sekolah sederajat lainnya yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  2. Memiliki nilai rapor semester I sampai semester V yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
  4. Memiliki surat keterangan penyandang disabilitas yang dikeluarkan oleh rumah sakit umum daerah atau rumah sakit pemerintah.

Mekanisme

  1. Pendaftaran
    1. Pengumuman dan informasi pendaftaran PMB SIMA Disabilitas dapat diakses pada laman pmb.unand.ac.id
    2. Pendaftaran dapat diakses pada laman pmbm.unand.ac.id pada 20 – 27 Juni 2024 dengan tahapan sebagai berikut :
      • Peserta membeli PIN, memilih program studi, dan mendapatkan ID bayar;
      • Membayar ke bank mitra UNAND melalui berbagai channel yang tersedia;
      • Melengkapi biodata pada laman unand.ac.id
      • Mencetak kartu peserta.
  1. Tes menggambar pada hari Senin 1 Juli 2024 khusus untuk peserta seleksi program studi arsitektur.
  2. Wawancara Senin atau Selasa, 1 atau 2 Juli 2024.
  3. Pengumuman hasil seleksi dapat diakses pada laman pmbm.unand.ac.id pada tanggal 15 Juli 2024
  4. Masa Sanggah

Peserta dapat melakukan sanggah terhadap hasil SIMA paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan melampirkan bukti pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan.