Jalur Seleksi Masuk Berdasarkan Kerja Sama

(SIMA Kerja Sama)

SIMA Kerja Sama ini merupakan amanah UNAND sebagai PTNBH, yang wajib mencari dan menjaring paling sedikit 20% dari seluruh Mahasiswa Baru yang diterima berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi; dan atau berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), namun memiliki potensi akademik yang baik. Untuk menjalankan amanah tersebut, UNAND telah memperluas jejaring kerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota, instansi pemerintah lainnya dan instansi nonpemerintah dalam hal sponsor biaya pendidikan.

Apabila peserta dengan keterbatasan secara ekonomi dan atau berasal dari daerah 3T tersebut tidak layak secara akademik pada program studi yang dipilih, rektor dapat merekomendasikan kepada Dekan untuk dipertimbangkan penerimaannya pada program studi yang sesuai secara akademik.

Biaya pendidikan bagi peserta yang diterima pada jalur SIMA Kerja Sama ditanggung oleh pemerintah daerah/kota, instansi pemerintah lainnya, atau instansi nonpemerintah yang bekerja sama, dapat berupa :

  1. Uang Pembangunan Institusi, SPP dan biaya hidup mahasiswa; atau
  2. Uang Pembangunan Institusi dan SPP, sedangkan biaya hidup ditanggung oleh orang tua/wali.

Persyaratan

Peserta PMB SIMA Kerja Sama harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Mendapat rekomendasi dan dukungan dana pendidikan dari Bupati/Wali Kota setempat, atau Instansi nonpemerintah untuk melanjutkan pendidikan di UNAND.
  2. Memiliki ijazah 2 (dua) tahun sebelumnya atau surat keterangan lulus (SKL) tahun berjalan bagi lulusan SMA, SMK, MA dan sekolah sederajat lainnya yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  3. Memiliki nilai rapor semester I sampai semester V yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  4. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
  5. Memiliki Surat Keterangan Miskin (SKM) dari Lurah/Kepala Desa/Wali Nagari (tidak berlaku untuk peserta dari daerah 3T;
  6. Memiliki Kartu Keluarga;

Mekanisme

  1. Pendaftaran
    1. Pengumuman dan informasi pendaftaran PMB SIMA Kerja sama dapat diakses pada laman unand.ac.id dan pmb.unand.ac.id
    2. Pendaftaran dapat diakses pada laman pmbm.unand.ac.id pada 20 – 27 Juni 2024 dengan tahapan sebagai berikut :
      • Peserta membeli PIN, memilih program studi, dan mendapatkan ID bayar;
      • Membayar ke bank mitra UNAND melalui berbagai channel yang tersedia;
      • Melengkapi biodata pada laman unand.ac.id
      • Mencetak kartu peserta.
  1. Tes menggambar pada hari Senin 1 Juli 2024 khusus untuk peserta seleksi program studi arsitektur. Tes menggambar dilaksanakan di ruang seminar Gedung F Kampus Unand Limau Manis.
  2. Pengumuman hasil seleksi dapat diakses pada laman pmbm.unand.ac.id pada tanggal 15 Juli 2024
  3. Masa Sanggah

Peserta dapat melakukan sanggah terhadap hasil SIMA paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan melampirkan bukti pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan.